Eksotisme Tangkuban Perahu yang Melegenda

BY kangerik_ingsun No comments




Hai guys...kali ini, muslim treveler Nurul Hayat berkesempatan singgah di kota Lembang, menikmati indahnya Gunung Tangkuban Perahu. Ya, Salah satu tempat wisata di Jawa Barat ini memang telah lama menjadi primadona wisata di Propinsi Jawa Barat. Dengan menawarkan keindahan alam pegunungan dengan udaranya yang sangat sejuk dan bersih khas pegunungan membuat Gunung Tangkuban Perahu menjadi salah satu objek tujuan wisata yang cukup populer di Jawa Barat. Apalagi dibumbui dengan legenda yang sangat termasyur itu. 
Dengan ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut, di lokasi ini pengunujung akan sangat dimanjakan dengan pemandangan indah sejauh mata memandang. Hamparan pegunungan menjulang, hijaunya pepohonan, eksotisnya pemandangan kawah di puncak gunung, dan lain sebagainya. Jadi memang tidak mengherankan jika wisata Tangkuban Perahu menjadi favorit para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Dengan lokasi yang hanya berjarah kurang lebih 30 kilometer menuju utara dari Kota Bandung, objek wisata ini menjadi salah satu tempat wisata di Bandung dan sekitarnya yang cukup mudah dijangkau oleh wisatawan. Sedangkan dari kota Subang jaraknya kurang lebih juga sama menuju arah selatan. Lokasi tepatnya berada di kawasan Cikole, Lembang. Kebetulan kami bermalam di Hotel Putri Gunung yang jaraknya sangat dekat, hanya menempuh perjalanan selama 10 Menit. Jadi jika anda berangkat dari Kota Bandung pasti tidak akan membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk bisa sampai ke tempat wisata di Jawa Barat yang satu ini.
Memasuki area lokasi Tangkuban Perahu anda akan disuguhi pemandangan indah pegunungan. Suasana yang sejuk dengan suhu sekitar 17° Celcius membuat udaranya cenderung dingin namun segar. Ada beberapa suguhan wisata di tempat wisata di Bandung ini misalnya :
  • Wisata Pemandangan. Anda yang menyukai suasana pegunungan tentu saja sangat menyasyikkan duduk santai di tempat ini sambil menikmati panorama alam pegunungan, sambi sesekali berfoto.
  • Wisata Kuliner. Bagi penyuka kuliner di lokasi ini kita bisa menemukan aneka kuliner lezat khas pegunungan seperti misalnya jagung bakar, sate, sop, dan lain sebagainya.
  • Kawah. Sebagai salah satu gunung berapi yang masih aktif, Tangkuban perahu juga memilki beberapa kawah yang masih aktif. Ada 3 kawah utama yang paling menarik untuk dilihat di tempat ini yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas. – Harga Tiket Masuk Tangkuban Perahu

Untuk bisa masuk dan menikmati segala keindahan alam pegunungan wisata tangkuban Perahu pengunjung harus membayar harga tiket masuk yang cukup murah dan terjangkau. Untuk hari biasa tiket masuk sekitar Rp. 20.000 (wisatawan domestik), Rp. 200.000 (wisatawan mancanegara) sedangkan untuk hari libur Rp. 30.000 (domestik), dan Rp. 300.000 (mancanegara).
Selain Tangkuban Perahu, anda juga bisa singgah di beberapa destinasi wisata terdekat, diantaranya seperti misalnya wisata Kawah Putih Bandung, atau wisata pemandian air panas di Ciater.
Oh ya guys... kalo kalian ke Gunung Tangkuban Parahu harap waspada karena gunung ini masih termasuk dalam kategori gunung berapi aktif yang statusnya terus diawasi terus oleh Badan Direktorat Vulkanologi Indonesia. Bila menjelang sore, gas belerangnya sangat berbahaya bahkan beracun sehingga menggangu pernafasan, efeknya akan pusing dan mual. Para petugas keamanan disana akan memberikan warning kepada wisatawan untuk meninggalkan wisata pada pukul 17.00 WIB, sehingga mejelang maghrib lokasi sudah steril dari wisatawan.
Itulah sedikit mengenai tempat wisata di Bandung yaitu Gunung Tangkuban Perahu, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

0 komentar:

Posting Komentar